Halley

 
About Me

alt="" " width="200" height="200" border="1">

Name: Ham
Home: Surabaya, Jawa Timur, Indonesia
About Me:
See my complete profile
Time
Say Ham...
Name :
Web URL :
Message :
:) :( :D :p :(( :)) :x
My Pet
Newsworthy
Other things
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit. Duis ligula lorem, consequat eget, tristique nec, auctor quis, purus. Vivamus ut sem. Fusce aliquam nunc vitae purus.
Monday, March 5, 2007
INFORMASI UNAS BAHASA INGGRIS 2006

Seperti tahun-tahun sebelumnya bahwa Ujian Nasional Bahasa Inggris Terdiri dari: Listening, Reading, dan Language Focus/Tata Bahasa.

LISTENING

Materi listening diperkirakan masih 20 soal yang gampang-gampang susah. Dikatakan gampang bila mengerti apa yang dibicarakan, tetapi bisa susah untuk menentukan pilihan jawaban yang benar karena di dalam Listening sebenarnya ada 2 unsur; yaitu meaning( makna) dan tata bahasa. Anda harus ada balancing kemampuan antara meaning dan tatabahasa. Anda bisa mengerti apa maksud soal tapi justru dalam soal itu yang diujikan bukan dituntut maksudnya saja tapi unsur tata bahasa atau ungkapan apa yang digunakan. Untuk mengatasi hal tersebut perbanyaklah berlatih listening yang mengarah ke Achievement Academic, dan saya sudah membuat prediksi atau gambaran soal latihannya, memang agak sulit tingkatannya, dengan maksud; Lebih baik anda susah di waktu latihan daripada mendapat kesusahan di ujian sebenarnya. Kalau anda bisa benar 10 saja diprediksi ini, itu di UNas nanti anda akan salah maksimal 5 soal saja.

READING

Mengerjakan Reading tidak sesulit Listening karena materi Reading secara fisik anda bisa melihatnya. Yang penting anda tahu bahwa soal Reading sebenarnya hanya ada 5 jenis pertanyaan, yaitu ; 1. Menanyakan Main Idea, 2. Menanyakan Jenis Reading, 3. Menanyakan untuk menentukan mana yang benar/salah, 4. Menanyakan Refering, dan 5. Vocabulary. Ada cara/strategi khusus mengatasi ke lima jenis pertanyaan ini dan tidak mungkin saya jelaskan satu persatu. Tapi jika anda berminat silahkan kontak saya melalui email.

TATA BAHASA

Kedengarannya agak aneh Tata bahasa; Dalam UNas Bahasa Inggris mencakup 2 pengertian; yaitu Ilmu tata bahasa itu sendiri atau Grammar dan Ungkapan. Singkatnya; bahwa grammar/structure yang pasti keluar adalah seputar penggunaan kaidah tata bahasa yang dimasukkan dalam unsur dialogue. Atau dalam dialogue tersebut anda diuji untuk bisa menentukan ungkapan apa yang digunakan. Daftar ungkapan dan grammar yang sering keluar di tiap UNas juga ada di Prediksi ini.

VOCABULARY

Soal - soal vocabulary atau kosa kata secara otomatis ada pada setiap Reading, selama ini Reading pada UNas Rata-rata 4 sampai 5 bacaan, berarti ada 5 soal vocabulary yang berhubungan dengan Reading teks. Soal lainnya bisa diluar Teks tersebut. Tetapi semua itu pasti masih dalam koridor di kurikulum anda. Intinya mengerjakan Vocab anda harus bisa membedakan; verb, adjective, adverb, noun, past, dan participle.

Jadi Jumlah soal adalah 20 untuk Listening, 5 untuk vocab yang berhubungan dengan reading teks, 4 soal x 5 jenis teks = 20 soal, 10 soal untuk Language Focus/Tata Bahasa dan 5 soal vocab lepas. Total 60 Soal.
posted by Ham @ 1:33 AM  
0 Comments:
Post a Comment
<< Home
 
Her

Previous Post
Archives
Links
Powered by
Free Shoutbox Technology Pioneer
© 2005 Halley Template by Isnaini Dot Com